Search
  • Account Eat Project ID

5 Cara Ninja Untuk Mendapatkan Followers Baru!



Kalimat yang horor banget bagi tim pengelola media sosial itu biasanya seputar, “Udah berapa nih followers sekarang?” atau “Berapa persen peningkatan followers bulan ini dibandingin bulan lalu?” Hayok ngaku, setuju khan!


Jangan lupa baca artikel sebelumnya yang berjudul “4 Fitur Instagram tempat Calon Followersmu Eksis! Udah Dicek Rutin, Belum?” supaya langsung dapet insight di mana saja sebenarnya calon followersmu itu berada, ya, Eatpreneurs!


Tapi masih bagi yang nanya, “Gimana sih Min biar cepet dapet followers?” nah… artikel ini cocok banget buatmu! Cekidot yaa…


Pertama-tama Mimin sampaikan dulu ya bahwa teknik ninja yang akan dibahas artikel ini pada umumnya ya menghasilkan “followers instan” yang punya karakteristik sebagai berikut:

  1. Tidak tahu mengenai brandmu sama sekali

  2. Biasanya tidak begitu loyal terhadap akun sosmed yang mereka follow (bisa jadi silent reader, atau bahkan langsung unfollow apabila merasa tidak mendapatkan benefit lebih)

  3. Bisa jadi bukan calon konsumen yang potensial


Hanya saja, Mimin paham banget nih bahwa kebutuhan untuk “jumlah followers yang terus meningkat” tentunya menjadi PR dan salah satu target kerja dan pengukuran keberhasilan kinerja tim media sosial maupun Eatpreneurs yang masih mengelola media sosial restonya sendiri. Oleh karena itu, yuk boleh diterapkan nih jalan ninja supaya kamu berpeluang untuk mendapatkan followers di Instagram dengan cara instan!


1. Mengadakan giveaway ber-hadiah dengan syarat follow

Paling gampang dan umum untuk dilakukan nih! Biasanya juga kamu tidak perlu merogoh kocek yang terlalu besar, karena giveaway dengan hadiah saldo OVO atau GoPay senilai 50 ribu saja biasanya sudah mendatangkan ratusan engagement (likes+comment)! Tapi harus dipahami yaa, bahwa pada umumnya sudah tidak asing lagi akun-akun media sosial yag memang “quiz hunter” alias pemburu kuis. Beberapa (bahkan banyak!) dari mereka ini bukanlah konsumen potensialmu, contohnya, adalah berdomisili di kota di mana bisnismu tidak berada. Sehingga kalau nanti akun media sosial restomu malah justru dipenuhi followers seperti ini, jangan heran ya kalo konversi salesmu dari media sosial malah jadi rendah.


2. Melakukan Kegiatan Endorsement Melalui Paid ataupun Free Influencers

Salah satu jalan ninja yang bisa dibilang butuh modal! Free influencers pun tetap merogoh kocek karena biasanya kita harus mengirimkan free product ke rumah/ studio mereka, atau mengundang mereka untuk makan di outlet. Tapi tentu Eatpreneurs semua harusnya sudah paham bahwa pengaruh dari para nano influencers ini sedang bagus-bagusnya, sehingga tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk mencari nano influencers yang marketnya cocok dengan bisnismu, lalu bekerja sama dengan mereka! Kalo punya budget lebih atau menginginkan eksposur yang lebih luas, baru deh cari buzzer yang skalanya lebih besar dan yang pastinya sudah punya ratecard profesional.


3. Beriklan dengan Objektif Menambah Followers Baru

Gak yakin dengan efektivitas dari kegiatan endorsement atau ingin aktivitas marketing online yang bisa lebih terukur? Nge-ads di Instagram atau Facebook adalah jalan ninjanya! Pasang Instagram atau Facebook Ads menggunakan Campaign Awareness (Brand Awareness/ Reach) dan jangan lupa pastikan pengaturan iklannya disusun sedemikian rupa agar target audience dari iklanmu benar-benar sesuai dengan target market dari bisnis/ restoranmu yang sesungguhnya.


4. Membuat Konten Berdasarkan Trend, Issue atau Hashtags yang Sedang Populer

Punya tim sosmed khusus atau agensi tapi perencanaan kontennya kaku dan gak fleksibel dengan trend yang bahkan berubah setiap harinya? RUGI BANGET! Pastikan mereka memantau trend (dalam artian, tim sosmed kamu harus tipenya NGULIK dan UP TO DATE BANGED!) dan langsung mengadaptasi trend tersebut pada konten media sosialmu. Jangan lupa gunakan hashtags yang relevan karena biasanya di Instagram, rekomendasi trend muncul berdasarkan hashtags yang lagi rame tersebut!


5. Follow Audience Duluan!

Masih inget istilah, “Follow for Follow”? Jangan ragu atau gengsi untuk follow audience yang berkualitas (dan potensial) duluan ya, Eatpreneurs! Ingat, ini bukan media sosial pribadi yang mau sok sok personal branding dan idealis, melainkan media sosial restoranmu yang harus berani agresif dan jemput bola duluan! Dan kalo kamu belum kebayang “audience seperti apa sih yang worth it untuk difollow?” beberapa tips dari Mimin:

  • Cari dan follow para nano influencers lokal setempat, karena siapa tau mereka jadi follow akunmu bahkan berpeluang untuk kerja sama bareng)

  • Cari dan follow para followers kompetitor sejenis yang rutin komen di lapak kompetitor (artinya mereka audience yang aktif dan bahkan nantinya bisa berkontribusi terhadap peningkatan engagement rate akunmu)

  • Kalau lagi lowong dan standby di outlet, tanyain akun media sosial para pengunjungmu! Selain karena mereka memang real customers, gesture-mu ini berpeluang untuk membuat mereka semakin kesengsem dengan restomu dan jadi pembeli loyal!


Namun sekali lagi Mimin sampaikan kepada Eatpreneurs semua ya, jangan jadikan jalan ninja ini sebagai aktivitas utama dan krusial, karena walhasil salah satu prioritas utama aktivitas di media sosialmu adalah menghasilkan followers yang berkualitas dan loyal, agar mendatangkan berbagai keuntungan salah satunya adalah konversi terhadap sales restomu!


Optimalkan penggunaan fitur-fitur yang tersedia di Instagram agar aktivitas bisnismu di media sosial menjadi lebih eksploratif dan memiliki lebih banyak strategi melalui E-Book 60 Fitur Instagram yang Wajib Dioptimasi spesial untuk Bisnis Kuliner dengan klik link berikut: https://eat.orderonline.id/60-fiturinstagram.


Nantikan artikel selanjutnya untuk membahas aktivitas yang berpotensi untuk memupuk calon-calon followers yang lebih bermutu, ya!



11 views0 comments