Search
  • Account Eat Project ID

5 Langkah Penting dalam Memasang Facebook & Instagram Ads Bagi Bisnis Kuliner



Dulu Instagram dan Facebook dianggap sebagai media sosial dengan fungsi utama untukberbagi foto, video, ataupun kata-kata. Tapi sekarang, Instagram dan Facebook digunakan banyak sekali pebisnis kuliner untuk mendatangkan sales bagi restoran mereka lho! Yap, tiada lain adalah dengan menggunakan Instagram dan Facebook Ads.

Sejak diakuisi oleh Mark Zuckerberg tahun 2012, Instagram dan Facebook terus berinovasi untuk dapat mengembangkan bisnis-bisnis yang menggunakan dua platform tersebut sebagai salah satu media publikasi. Salah satunya dengan beriklan atau yang lebih familiar dengan sebutan Ads. Nah buat kamu Eatpreneurs yang ingin mengeksekusi Ads untuk bisnis kulinernya, wajib banget memperhatikan langkah-langkah ini supaya periklananmu berhasil mendatangkan manfaat seperti yang diharapkan (tentunya, mendatangkan sales)!

1. Pilih Objective Ads yang sesuai

Saat kamu hendak melakukan Ads, maka Objective akan berperan dalam pengambilan keputusan dalam menyebarkan Ads yang kamu pilih. Ada 3 Objective yang dapat kamu pilih: Awareness, Considerations, dan Conversions. Bedanya apa? Dalam Awareness, iklan akan disebarkan ke sebanyak-banyaknya user untuk meningkatkan jumlah reach, hingga impressions brand kamu. Dalam Considerations, Iklan ditujukan untuk menambah jumlah click, comments, share, like, hingga jumlah orang masuk ke profile kamu. Sedangkan Conversions, berfungsi untuk mendatangkan sales lebih besar lho! Cenderung lebih kompleks dibanding dengan 2 objective lainnya, namun jika kamu gunakan dapat sangat membantu meningkatkan sales brandmu.

2. Gunakan Budget secara Bijak

Semua pasti ingin menggunakan budget yang kecil namun menghasilkan performa yang besar. Namun tak banyak juga yang berharap menggunakan budget besar dengan tujuan agar performanya juga sebanding. Pertanyaannya, mana yang harus digunakan? Dalam Ads, sangatlah penting untuk terus melakukan Trial & Error. Gunakan budget yang minim ataupun budget yang besar dengan melihat mana yang lebih efektif. Hasilnya nanti dapat kamu gunakan lagi untuk Ads selanjutnya.

3. Setting Adset Sesuai dengan Target Market

Adset adalah salah satu bagian penting dalam iklan. Di sini kamu harus memasukkan interest, behavior, age, location, gender, hingga placement untuk menentukan ke mana iklan kamu nanti akan menyasar (dan siapa yang akan menerima iklanmu). Pilih sesuai dengan target market restoranmu yang sesungguhnya sehingga Ads akan berjalan lebih efektif dan efisien tentunya.

4. Gunakan Visual Ads yang kreatif

Dalam Ads, kamu diwajibkan untuk memasukkan visual baik foto maupun video sebagai media iklan ketika user melihat iklan. Semakin kreatif visual yang kamu buat, maka semakin besar kemungkinan akan dilihat lebih banyak audience. Namun, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan ya! Seperti ukuran Ads yang direkomendasikan dengan perbandingan 1:1 ataupun 4:5. Selain itu, aturan tulisan dalam visual juga dibatasi hanya 20% dari total visual yang ada.

5. Monitoring Ads kamu

Setelah Ads berjalan, kamu harus memonitor performanya. Kenapa? Salah satunya agar kamu bisa menonaktifkan Ads yang menurut kamu kurang perform dan tetap membiarkan (bahkan menambah budget/ durasi) Ads yang performanya memuaskan.

Itu dia 5 langkah penting yang harus kamu perhatikan saat akan membuat Ads di Facebook maupun Instagram. Sangat penting untuk memahami setiap elemen yang ada, agar kamu bisa membuat Ads yang efektif dan juga efisien.


Mau tau cara lebih lengkapnya dalam panduan yang lebih runut dan praktikal? Dapatkan pada E-Book Panduan dan Cara Lengkap Beriklan di Instagram dan Facebook dengan harga spesialnya di bit.ly/eat-ads1!



18 views0 comments

JL. Sabang No. 63 Bandung 40114

+6281806662488

©2020 by eat project indonesia.