Search
  • Account Eat Project ID

Followers IG Belum 10.000? Ini 7 Cara Jitu untuk Membagikan Link tanpa Fitur Swipe Up!

Updated: Mar 17



Sejak awal kemunculannya pada tahun 2010, Instagram kerap memegang peringkatnya sebagai salah satu platform media sosial paling populer. Dengan fitur-fitur yang dihadirkan Instagram, ditambah dengan popularitasnya, menjadikan media sosial berbasis visual ini tempat yang cocok untuk mengembangkan bisnis. Salah satu fitur yang terdapat dalam Instagram adalah fitur Swipe Up. Swipe Up, dengan kemampuannya untuk mengarahkan followers pada suatu situs, hadir sebagai salah satu fitur dengan nilai plus!


Mudahnya penggunaan fitur swipe up yang hadir di Instagram bagi pengguna dengan jumlah followers di atas 10.000, menjadikannya hal yang krusial dan diinginkan oleh para pebisnis. Namun, bagaimana dengan akun-akun dengan jumlah followers di bawah itu? Tenang, seperti banyaknya jalan menuju Roma, ada pula banyak cara untuk mengirim audiens menuju link yang diinginkan!


Oya… Eatpreneurs jangan lupa dulu ya untuk menyimpan berbagai link penting pada bio di profile akun IG restonya. Link super wajib adalah seperti: Link GrabFood & GoFood menuju restomu (temukan di google/ tanyakan pada Area Manager GrabFood/ GoFood), link WhatsApp Business, Link Shopee/ Tokopedia (jika menjual produk kemasan), hingga link Google Maps menuju lokasi restoranmu!


1. Insert Call To Action berupa link pada deskripsi IGTV

Buang rasa gengsi kamu buat nge-live di Instagram karena kamu bisa menggunakan post IG TV sebagai channel untuk menempatkan link jualan! Link dapat dicantumkan pada deksripsi IG TV (yes, walaupun sosmedmu belum 10.000 followers!), jadi, ada baiknya untuk membuat program rutin live via Instagram ya!


2. Standarisasikan respon via Direct Message dengan menautkan link

Penggunaan fitur Direct Message untuk berkomunikasi memang terasa lebih intim dan mudah, jadi jadi manfaatkan fitur ini dengan mengattach link pada DM! Link yang dikirim akan muncul sebagai pop up, mambuatnya jadi clickable! Coba aja deh, kalo kamu mengirimkan Link GrabFood restomu, akan otomatis muncul pop up dalam DM yang bahkan memperlihatkan desain GrabFood banner restomu! Psstt.. pastiin desainnya menarik dan menjual ya!


3. Tambahkan sticker ‘DM ME’ pada postingan insta storymu

Berkaitan erat dengan poin di atas, arahkan audiens kamu untuk lebih interaktif dengan kamu via Direct Message! Dengan menempelkan sticker ‘DM ME’ di post insta story kamu, dapat mendorong followers untuk berinteraksi dan menghubungi kamu via DM! Makanya, pastikan Insta Story akun restomu rutin memposting konten yang menggiurkan seperti foto produk restomu atau desain promo yang bombastis!


4. Mention akun bisnismu sendiri

Pada postingan insta story, kamu bisa memberikan CTA untuk “cek bio profile @akunbrandkamu”! Lewat akun yang dimention, konsumen dapat tergerak untuk klik akun brandmu (visit profile), dan kemudian menemukan link yang tercantum di bio, lalu visit link tersebut deh! Sehingga, penting banget untuk memastikan kamu mengoptimasi penggunaan fitur link pada bio. Gunakan tools gratis seperti linktree untuk mencantumkan berbagai link yang ingin ditampilkan.


5. Perbanyak konten interaktif menggunakan sticker Poll/ Questions di Story

Kenapa penting? Audience yang akhirnya ikut serta pada kuis interaktif/ polling tersebut merupakan HOT LEADSmu (karena mereka do action) akan terlihat jelas siapa aja (nama akunnya) yang kemudian bisa kamu sapa melalui DM sambil membagikan link yang kamu inginkan. Bingung mikirin konten interaktifnya? Gampang! Pasang aja foto 2 menumu (dalam 1 postingan) dan ajak audience memilih salah satu favorit mereka, misal Ayam Geprek vs Ayam Penyet!


6. Gunakan GIF “Link on Bio”

Mungkin tersedia jutaan GIF lucu untuk mempercantik konten IG Story, salah satunya GIF yang bertuliskan “Link on Bio!” Nah tinggal sematkan GIF tersebut pada konten storymu agar audience ngeh bahwa mereka bisa menemukan informasi lebih lengkap dari konten tersebut pada bio akunmu. Misal pada kontenmu mengenai ketersediaan di GoFood, cantumkan GIF Link on Bio dan dukung dengan text sederhana “Langsung beli di GoFood Mimin aja!”


7. Arahkan komen untuk “Move ke DM yuk!”

Penting banget untuk selalu mengarahkan audience yang sudah menunjukkan minat interaksinya pada komen untuk “yuk lanjut di DM” selain supaya kemudian bisa menerima link yang clickable pada DM, juga supaya brandmu terlihat responsif dengan membalas komen tersebut sehingga audience lain tidak ragu untuk “ikut berkomentar” lain kali karena tau akan ditanggapi oleh brandmu (trust). Duh, sekali dayung langsung dua pulau terlampaui! Hayo… belum ngeh ya kalo banyak banget cara dan fitur di Instagram yang memungkinkan akun IG restomu meskipun belum 10.000 followers untuk mendorong berbagai link penjualan? Tenang! Masih banyak fitur lainnya yang bisa Eatpreneurs gunakan lho untuk memaksimalkan presensi dan fungsi Instagram sebagai channel publikasi restoranmu bahkan sampai ke tahap menciptakan sales lead (GoFood, GrabFood, WhatsApp Business dan lainnya) yang bisa terkonversi menjadi rupiah!


Dapatkan bocoran mengenai 60 FITUR INSTAGRAM YANG BISA KAMU OPTIMASI spesial bisnis kuliner di link berikut: bit.ly/eat-60fiturinstagram




21 views0 comments

JL. Sabang No. 63 Bandung 40114

+6281806662488

©2020 by eat project indonesia.